Inilah Para Seiyu Detektif Conan di Indonesia dari Masa ke Masa

Detektif Conan merupakan serial anime dan komik yang cukup tenar di Indonesia. Animenya sendiri pas ini sedang ditayangkan secara teratur di stasiun televisi NET. Detektif Conan pas ini ditayangkan tiap-tiap hari Senin hingga Jumat pukul 14.00 WIB, dan hari Sabtu dan Minggu pukul 08.00 WIB.

Sebagaimana lazimnya anime, maupun tayangan asing berbahasa non-Indonesia dan non-Inggris di Indonesia, penayangan Detektif Conan ikut didubbing dialognya dari bhs aslinya yakni Jepang, ke di dalam bhs Indonesia. Berbagai seiyu di Indonesia lintas generasi udah ikut andil di dalam mendubbing anime ini ke di dalam bhs Indonesia, di mana penayangan anime ini di Indonesia sebenarnya udah mengalami beberapa kali perubahan personel seiyuu. Berikut adalah seiyu-seiyu yang dulu memerankan sang tokoh utama, Conan Edogawa sang detektif di Indonesia:

Noor Elysa Fauzie

Noor Elysa Fauzie tercatat merupakan seiyu yang paling awal memerankan sifat Conan Edogawa, tatkala anime selanjutnya ditayangkan untuk pertama kalinya di Indonesia melalui Indosiar kurang lebih akhir jaman 90an dan awal 2000an. Noor Elysa Fauzie sendiri adalah seiyu yang memulai debutnya sebagai seiyu bahsa Inggris pada th. 1997. Meski merupakan seiyu Conan terawal, dirinya tidak amat lama bermain sebagai Conan. Saat ini dirinya tercatat tak ulang aktif di dunia dubbing, dan udah berkarir di bidang lain.

Ahmad Zulkifli Lubis

Ahmad Zulkifli Lubis atau Iphie Lubis adalah seiyu Conan yang paling terlama dan paling terkenal, yang udah mendubbing sifat Shinichi sekaligus Conan sejak awal th. 2000an hingga 2014, selama anime selanjutnya ditayangkan di Indosiar. Namun saat Detektif Conan ganti tayang ke NET, peran Conan digantikan oleh Leni M Tarra hingga sekarang. Ahmad Zulkifli Lubis sendiri udah tutup usia pada tanggal 17 Febuari 2022. Sesuai yang disebutkan sebelumnya, ia termasuk mendubbing sosok asli Conan, yakni Shinichi Kudo.

Hanis

Tidak banyak yang menyadari bahwa mendiang Hanis (wafat 12 Desember 2004) termasuk dulu mendubbing Conan dan Shinichi. Syahdan kurang lebih th. 2002, stasiun televisi Trans TV dulu menayangkan 2 buah film layar lebar Detektif Conan, yakni The Time Bombed Skyscraper dan The Last Wizard of the Century. Meski pas itu serial animenya sendiri sedang ditayangkan di Indosiar bersama dengan Ahmad Zulkifli Lubis sebagai Conan dan Shinichi, tapi tertentu untuk 2 film yang ditayangkan Trans TV tersebut, sifat Conan didubbing oleh Hanis yang lebih dikenal sebagai Retsu dari anime Lets & Go! maupun Pedro dari serial telenovela Amigos. Kedua film selanjutnya belakangan ditayangkan ulang oleh Indosiar dan dirilis di dalam bentuk VCD/DVD original bersama dengan Ahmad Zulkifli Lubis ulang sebagai Conan dan Shinichi, lantas kini ulang ditayangkan melalui fasilitas streaming Klik Film bersama dengan Leni M Tarra sebagai Conan dan Salman Borneo sebagai Shinichi.

Ridawati

Tidak banyak pula yang menyadari bahwa Ridawati yang lebih dikenal sebagai seiyu Dan Makusho di dalam anime Bakugan ini dulu mendubbing Conan. Perannya sebagai Conan sebenarnya cukup singkat dan terlupakan, dikarenakan cuma sebagai seiyu pengganti di satu dan dua episode saja di Indosiar. Selain itu beberapa seiyu layaknya Nurhayati Hartono dipercaya termasuk dulu mendubbing Conan sebagai seiyu pengganti sesaat.

Leni M Tarra

Leni M Tarra atau akrab dipanggil Etho jadi seiyu Conan yang terakhir dan terkini. Ia mulanya mendubbing Conan pas Klik Film merilis sejumlah film-film layar lebar Detektif Conan. Dan saat NET ulang menayangkan serialnya sejak th. 2020, ia ulang dipercaya untuk mendubbing Conan hingga kini. Simak wawancara kami bersama dengan Leni M Tarra selanjutnya ini:

KAMI NGOBROL DENGAN SEIYU ANIMA YELL!, DETEKTIF CONAN, DAN KIMETSU NO YAIBA, LENI M TARRA

Itulah para seiyu-seiyu yang dulu mendubbing Conan Edogawa di Indonesia dari dulu hingga kini. Beberapa seiyu layaknya Ahmad Zulkifli Lubis dan Hanis mendubbing Conan sekaligus bersama dengan sosok aslinya, yakni Shinichi Kudo. Namun seiyu lainnya cuma mendubbing Conan saja. Adapun seiyu yang dulu mendubbing sosok Shinichi dapat dijelaskan oleh situs Slot Pragmatic Bet Murah.

Tri Adi Setiawan

Tri Adi Setiawan merupakan seiyu pertama yang mendubbing sifat Shinichi Kudo ke di dalam bhs Indonesia, tatkala anime Detektif Conan ditayangkan Indosiar untuk pertama kalinya, pas Conan didubbing oleh Noor Elysa Fauzie. Meski perannya sebagai Shinichi termasuk tidak amat lama, tapi “legacynya” di dalam lika-liku penayangan anime Detektif Conan di Indonesia cukup panjang. Hal ini dikarenakan ialah yang menyanyikan lagu pembuka Detektif Conan, yakni “First New Century” ke di dalam bhs Indonesia, di mana lagu selanjutnya bertahan selama bertahun-tahun dipakai oleh Indosiar, hingga Indosiar pada akhirnya “memensiunkannya” di th. 2007, untuk lantas mengfungsikan lagu terkini versi bhs Jepang asli.

Salman Borneo

Salman Borneo mulai mendubbing Shinichi pas Klik Film merilis sejumlah film-film layar lebar Detektif Conan. Dan saat NET ulang menayangkan serialnya sejak th. 2020, ia ulang dipercaya untuk ikut join di dalam jajaran seiyunya. Akan tetapi, mengingat kemunculan Shinichi di serialnya cukup jarang, sehingga sosok Shinichi sempat berganti-ganti seiyu (seperti Nugraha hingga Nanang Niskalla di antaranya), tidak terpaku pada dirinya saja. Salman Borneo sendiri hingga saat ini lebih aktif jadi seiyu dari Takagi, dan sejumlah peran-peran melalui di Detektif Conan.

Detektif Conan atau Meitantei Conan, adalah anime yang diangkat dari komik detektif berjudul mirip karya Gosho Aoyama. Dalam komik ini dikisahkan tentang seorang detektif SMA bernama Shinichi Kudo yang tubuhnya berubah jadi anak kecil akibat diracun oleh sebuah komplotan misterius. Kini bersama dengan nama samaran Conan Edogawa, Shinichi yang udah berubah jadi anak kecil mesti memecahkan berbagai kasus-kasus kejahatan sembari mengejar komplotan misterius yang udah membuat tubuhnya mengecil.

Komik ini pertama kali diterbitkan di Jepang melalui majalah Weekly Shonen Sunday sejak th. 1994 dan masih berlanjut hingga kini. Di Indonesia sendiri komiknya diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo. Kesuksesan komiknya membuat Detektif Conan diadaptasi jadi serial dan berbagai Movie Anime maupun drama seri. Animenya sendiri pada mulanya dulu ditayangkan di Indonesia melalui stasiun televisi Indosiar hingga th. 2014, dan pas ini sedang ditayangkan oleh NET.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://sites.google.com/view/ctmastarformation3/schedule https://sites.google.com/view/prem-ventures-nsf-seed-grant/ https://sites.google.com/view/uptownchristmastrees/ https://sites.google.com/view/schev-tempsite/home https://sites.google.com/view/worldbankspringmeeting/ https://sites.google.com/view/a-systems-approach-to-biology/ https://sites.google.com/view/a-systems-approach-to-biology/ https://tractgames.weebly.com/ https://parmatours.weebly.com/ https://qsoftmart.weebly.com/ https://focushub.weebly.com/ https://agmyrekstem.weebly.com/ https://mikebaginy.weebly.com/ https://freedomofthefringe.weebly.com/ https://paveyourlane.weebly.com/ https://midnightstudios.weebly.com/